Kumpulan Misteri Dunia Bawah Tanah Yang Mencengangkan

Posted on

Bumi yang kita tinggali saat ini ternyata menyimpan banyak misteri. Jika selama ini kita menganggap di dalam tanah hanya terdapat air dan bebatuan, maka kini saatnya membuang jauh-jauh anggapan itu. Pasalnya, banyak misteri dunia bawah tanah yang sangat mencengangkan jika kita melihatnya.

Misteri bawah tanah tersebut sangat beragam jenisnya, mulai dari tempat persembunyian, tempat penyiksaan, hingga kota bawah tanah yang tersembunyi dengan rapi. Meskipun kebanyakan sudah tidak lagi dihuni, namun tempat-tempat tersebut masih bisa kita temui saat ini. Berikut adalah rahasia dunia bawah tanah yang harus Anda ketahui.

10 Misteri Dunia Bawah Tanah Yang Mencengangkan 

1. Beijing Underground

Kota bawah tanah terbesar dan paling terkenal terdapat di Tiongkok. Kota tersebut terdapat di bawah kota beijing dengan luas sekitar 30 kilometer. Pembangunannya dimulai pada tahun 1969 di saat Mao Zedong berkuasa. Tujuan utama pembuatannya adalah sebagai tempat pertahanan dan persembunyian dari musuh.

Di dalam kota yang menggambarkan kehidupan manusia di bawah tanah ini juga terdapat 1000 shelter yang dapat melindungi serangan udara. Tempat tersebut diklaim mampu melindungi 40% populasi Beijing saat itu. Menariknya, di sana juga terdapat toko, restoran, sekolah, bioskop, barber shop, hingga tempat bermain roller skate.

Pada saat itu, setiap rumah di Beijing memiliki jalan pintas untuk dapat memasuki komplek bawah tanah ini secara langsung. Setelah sekian lama tertutup, kini kota bawah tanah tersebut telah dibuka secara umum dan Anda dapat mengunjunginya jika pergi ke Beijing.

2. Setenil de las Bodegas

Setenil de las Bodegas merupakan kota bawah tanah yang saat ini masih ditinggali oleh lebih dari 3000 jiwa. Kota ini sebenarnya tidak sepenuhnya berada di bawah tanah, melainkan di bawah batu-batu besar. Mereka membuat rumah dengan melubangi sisi dari batu-batu tersebut.

Komplek perumahan batu ini terletak di daerah pegunungan Setenil de las Bodegas, Spanyol. Kota ini dapat dikunjungi dengan mudah karena memang menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat ini.

3. Moose Jaw 

Di bawah kota Saskatchewan, Kanada, terdapat banyak terowongan-terowongan panjang yang tersambung satu sama lainnya. Terowongan tersebut berisi pertokoan, pabrik, hingga rumah-rumah. Terowongan ini pada awalnya dibuat untuk lalu lintas para pekerja agar tidak terkena hawa dingin. Pasalnya, musim dingin di daerah tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang sangat lama.

Namun lama kelamaan tempat ini berubah menjadi sarangnya kejahatan. Di sana banyak terjadi praktek perjudian, prostitusi, hingga penjualan obat-obatan terlarang. Bahkan terowongan Moose Jaw ini sering disebut sebagai mini Las Vegas karena aktivitasnya tersebut.

4. City of the Gods Giza 

Piramida raksasa Giza merupakan salah satu keajaiban dunia kuno yang masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. namun di balik kemegahannya tersebut, banyak orang yang percaya jika di dalamnya terdapat misteri dunia bawah tanah yang sangat rahasia.

Pada tahun 1978, para ahli mulai berusaha untuk mengungkap keberadaan misteri tersebut. Mereka menyatakan bahwa di dalam sana terdapat banyak jalur bawah tanah yang saling terhubung. Jalur tersebut mereka sebut sebagai City of the Gods atau kota para dewa.

Sayangnya misteri ini sampai sekarang belum berhasil diungkap karena sulit untuk mendapat izin penggalian di sekitar piramida Giza. Selain ini banyak juga yang menganggap teori tersebut hanya akal-akalan saja dari para pemuja alien dan sejenisnya.

5. Portland 

Di bawah kota Portland di Amerika terdapat sebuah terowongan yang terkenal dengan nama Shanghai Tunnels. Terowongan tersebut diberi nama Shanghai karena lokasinya tepat berada di bawah Chinatown yang dihuni oleh para imigran Tiongkok.

Terowongan ini sendiri saat itu digunakan untuk distribusi makanan. Namun banyak tindak kejahatan juga yang juga dilakukan di terowongan ini. Salah satunya adalah penculikan dan penyiksaan para pekerja yang akan dijadikan sebagai budak di kapal layar.

Selain itu, praktek prostitusi juga cukup marak terjadi di sini. Karena alasan itulah terowongan ini juga terkenal dengan istilah Forbidden City atau kota yang terlarang. Kini terowongan Shanghai Tunnels telah dibuka sebagai objek wisata untuk umum.

6. Wieliczka Salt Mine

Wieliczka Salt Mine merupakan sebuah lokasi penambangan garam yang terletak di Polandia bagian selatan. Penambangan ini baru berhenti berproduksi pada tahun 2007 sehingga menjadikannya salah satu tambang garam terlama yang ada di dunia.

Menariknya, selain dijadikan sebagai pusat pengolahan garam, di dalamnya juga terdapat berbagai macam bangunan seperti tempat perkumpulan dan katedral. Terdapat juga sebuah danau bawah tanah yang indah di dalamnya. Panjang dari tambang ini sendiri mencapai 300 KM dan pernah dijadikan sebagai basis pertahanan Jerman pada perang dunia kedua.

7. Coober Pedy Australia 

Sama seperti Setenil de las Bodegas, kota bawah tanah Coober Pedy still juga saat ini masih ditinggali oleh lebih dari 1600 warga. Kota ini terkenal dengan sebutan pusat opal dunia karena merupakan penghasil batu opal terbesar di dunia saat ini.

Selain tempat penambangan opal, Coober Pedy juga memiliki rumah-rumah kecil yang berguna untuk melindungi warga dari teriknya udara di luar. Selain itu, di sini juga terdapat pub, gereja, bahkan hingga area pemakaman umum.

8. Kish 

Di bawah kota Kish di Iran, terdapat rahasia dunia bawah tanah yang masih sangat misterius. Di sana terdapat kota bawah tanah kuno yang sangat luas. Menurut para peneliti, kota ini sudah berusia lebih dari 2500 tahun dan sempat juga dijadikan sebagai pusat pengolahan air kota.

Meskipun masih belum diketahui secara past asal usulnya, namun kota tersebut kini sudah mulai direstorasi. Pemerintah setempat rencananya akan membuat restoran dan pertokoan di dalamnya agar menarik minat para turis.

9. Derinkuyu 

Kota bawah tanah Derinkuyu terletak di daerah Cappadocia, Turkey. Kota ini memiliki tujuh tinggal ke bawah dengan lebih dari seribu rumah yang ada di dalamnya. Artinya, Derinkuyu benar-benar sebuah kota besar yang mampu menampung ribuan penduduk.

Di dalam kota ini juga terdapat pertokoan, gereja, sekolah, hingga pabrik wine. Konon katanya Derinkuyu merupakan tempat pelarian para orang kristen dari kejaran tentara Romawi. Pada saat itu mereka sering ditangkap dan dijadikan santapan untuk para singa.

10. Burlington 

Burlington merupakan sebuah tempat rahasia di Inggris yang mulai dibangun pada tahun 1950. Tempat ini dibangun sebagai tempat persembunyian bagi para anggota pemerintahan Inggris jika sewaktu-waktu terjadi perang nuklir di sana.

Tempat ini memiliki luas sekitar 1 kilometer persegi dan mampu menampung hingga 4000 orang. Burlington juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari rumah sakit hingga kantor berita BBC. Pembangunan tempat ini akhirnya dihentikan pada tahun 1990 ketika perang dingin usai.

Itulah kumpulan misteri dunia bawah tanah yang masih tersisa hingga saat ini. Jika Anda berkunjung ke luar negeri, jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat unik tersebut. Jika Anda ingin mengetahui misteri lain yang belum terpecahkan di dunia ini, silahkan baca ulasannya Disini

Big Sumber: bacaterus.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *